Penduduk Boleh Saja Tumbuh Banyak Tetapi Harus Berkualitas

Peresmian KSS oleh Bupati Lombok Timur

Bupati Lombok Timur, Moh. Ali Bin Dahlan memberikan sambutan sekaligus meresmikan Pembentukan Komunitas Siswa Sehat di SMK Gunung Renjani Lombok tadi pagi. Dalam pidatonya Ali BD memberikan apresiasi terkait pentingnya kesehatan bagi kemajuan suatu bangsa. Lebih lanjut tentang kesehatan, akan terbagi menjadi dua yaitu sehat fisik dan psikologis (jiwa), tegasnya. Untuk mewujudkan sehat fisik, pemerintah membangun pusat kesehatan untuk masyarakat. Nah sekarang masalahnya untuk rumah sakit jiwa hanya ada satu di NTB yaitu berada di kota (Mataram). Yang mana seharusnya ditempatkan di konsentrasi penduduk, misalnya di Lombok Tengah, Lombok Timur.
Foto bersama Bupati, Staf guru dan Instansi Kesehatan

Pertumbuhan penduduk  biasanya diikuti juga dengan pertumbuhan penyakit. Faktor utamanya terletak pada jenis makan yang dikonsumsi setiap hari. Ironisnya kebanyakan masyarakat sekarang lebih memilih makanan cepat saji. Padahal di negara luar makan yang dianggap mewah oleh masyarakat kita adalah makanan sampah. Misalnya daging ayam yang disimpan berbulan-bulan kemudian dimasak dengan bumbu-bumbu tertentu, wajar saja di dalamnya ber-air. Terdapat 850 merek dagang yang beroperasi di Indonesia dan ini sangat disayangkan. 
Saat ini ada tiga puskesmas berhasil dibangun ditambah terakhir dua, yaitu di Suralaga dan Pringgabaya. Karena disadari bahwa semakin penduduk bertambah pesat layanan kesehatan juga pesat. Penduduk boleh saja tumbuh banyak tetapi harus berkualitas, tegas Ali BD. (*hapis)

Komentar