KESURUPAN VS HIPNOTERAPI

Hari ini  tepatnya hari kamis 12 oktober 2017 mengingatkan saya tentang kejadian beberpa bulan lalu di Sekolah ini (SMA NW Suralaga). Ya, terbayang betul dalam benak saya bahwa satu bulan penuh suasana hati diselimuti kegelisahan, kehawatiran. itu semua disebabkan KESURUPAN yang menimpa beberapa siswa siswi kami. Saya mengira peristiwa itu tidak akan berlangsung lama. Tetapi anggapan itu hanya menyisakan argumen serta pendapat yang bermacam-macam. Satu bulan full tanpa jeda, cukup merepotkan bukan. Bahkan kegiatan belajar mengajar menjadi lumpuh, sekolah berubah menjadi menakutkan. Ada yang mengatakan bahwa kesurupan diseabakan karena perbuatan seseorang yang tidak suka dengan kita. Dilain sisi juga ada yang berpendapat itu semua disebabkan oleh bangunan baru yang belum di selamatkan (salah satu prosesi keagamaan dengan mengorbankan sapi di tempat tersebut). Sekilas sih keduanya bisa jadi benar. Namun secara logika masih sulit diterima. 
Biarlah itu berlalu, fokus dulu dengan masalahnya sekarang. Hari ini salah seorang siswi berinisial E tiba-tiba histeris di sela kegiatan pagi. Semua siswa serentak kaget dan menjadi pusat perhatian. Guru yang kebetulan datang lebih awal mencoba ambil tindakan dan menenangkan siswa.
Menurut hemat saya, emosi serta tekanan mental jadi pemicu utama pada siswa ini. Dalam kondisi tersebut alam bawah sadar terbuka dan menyimpan berbagai informasi dari diri dan lingkungan. Sehingga hal-hal negatif pun bisa ikut masuk dan membuat sugesti kapan pun selama kontak ada. Kontak bisa berupa kaget, takut, maupun suara-suara histeris.Wajar saja satu kesurupan bisa mreambat ke yang lainnya. Mulai sekarang stop jadi dukun dadakan, lebih baik lakukan pendekatan dan bantu menyelesaikan beban psikologis tersebut. Cara bantunya bagaimana? salah satu caranya adalah dengan Hipnoterapi. Butuh orang khusus untuk melakukannya. Kenapa harus Hipnoterapi? Secara umum seseorang akan menyembunyikan masalah pribadi, apalagi sifatnya aib sampai matipun tidak akan diungkapkan. Jadi, membawa korban ke alam bawah sadar memudahkan kita untuk mengetahui maslah yang sebenarnya sehingga kita bisa mengambil sikap dan membuang beban itu dari kehidupan korban.

Komentar